Henys Cake

.

Network Computing: Alternatif Untuk Dunia Bisnis

Share this:


Pertanyaan pertama yang akan muncul dari sebagian besar orang kemungkinan adalah”Mengapa Network-Centric Computing (NC)?” baru kemudian muncul pertanyan yang sifatnya akan lebih teknis, seperti “Apakah NC?” dsb. Tulisan ini akan membahas secara garis besar dari sisi pemakai khususnya untuk di arahkan ke aplikasi bisnis & bagaimana dunia usaha dapat diuntungkan dengan adanya NC.

Tampak pada gambar samping sebuah contoh salah satu network computing yang pertama diluncurkan di dunia oleh HDS. Network Computing merupakan aliansi banyak perusahaan mulai dari Oracle, HDS, Sun, IBM dll.

yang mendukung terbentuknya konsep Network Computing (NC) ini. Beberapa diantaranya adalah:

• Dunia bisnis membutuhkan informasi dari banyak sumber (artinya dibutuhkan sebuah jaringan komputer untuk melakukan hal ini secara effisien).
• Distributed computing yang berkembang akhir-akhir ini ternyata menyebabkan manajemen sebuah system informasi menjadi sangat mahal & sulit di atur (di manage).
• End user & PCs yang ternyata akan mengatur network.
• PC pada awalnya tidak di rancang untuk jaringan komputer.
• Internet telah mengubah konsep komputing secara drastis.
• Konsep yang baru di bidang komputerisasi diperlukan untuk solusi desktop yang baru.

Di dorong oleh keperluan didunia bisnis, berbagai perusahaan telah banyak mengimplementasikan enterprise-wide networks, yang mengkaitkan PCs, legacy equipments, seperti IBM mainframes, dan peralatan komunikasi pada kecepatan tinggi. Berbagai perusahaan telah bergeser dari sistem tradisional host/slave environment yang menggunakan mainframe ke distributed client/server yang menyebabkan computing power tersebar di seluruh perusahaan. Dan kini, dengan keberadaan Internet telah membuka kemungkinan bagi orang dalam perusahaan mengakses berbagai informasi di seluruh dunia.

Mengoperasi jaringan dengan berbagai revisi & upgrade merupakan hal yang sangat sulit dilakukan & mahal. Hasil survey oleh Forrester Research dari CIO Fortune 500 companies menunjukan bahwa hanya 18% dari proyek untuk implementasi client/server yang berhasil tepat waktu & tepat pendanaan / budget. Hal ini menyebabkan dunia bisnis saat ini mencari cara untuk memperoleh alternatif jaringan komputer yang memenuhi empat (4) syarat utama yaitu:

• Aman (Secure).
• Powerfull.
• Userfriendly.
• Biaya yang effisien.

Berdasarkan kriteria yang sederhana di atas akhirnya para pakar mulai mendefinisikan sebuah set teknologi untuk menggantikan model client/server yang banyak di anut sekarang. Model network-centric computing menggunakan teknologi internet menjadi dasar bagi strategi banyak perusahaan, pada saat mereka membelokannya ke solusi open, standard-based untuk membangun & memperkaya jaringan internal mereka, yang kemudian dikenal sebagai intranet.

Dalam model intranet, remote server & client bekerjasama melalui teknologi seperti Web, HTTP, HTML dan Java yang dapat dijalankan pada berbagai platform komputer. Hal ini bukan sesuatu yang aneh melihat perkembangan Web di Internet yang berkembang secara exponensial seperti tampak pada gambar perkembangan Web server di samping yang di ambil dari WebCrawler salah satu search engine yang cukup besar di Internet.

Teknologi terobosan yang dikembangkan di Internet menggunakan Web browsing dan Java telah membuka pintu pada teknik & konsep terbaru dari rancangan & implementasi jaringan komputer. Cukup menggunakan web browser, orang dapat dengan mudah mengakses program aplikasi melalui perintah “point and click” yang sangat mudah.

Tentunya, pada akhirnya - semua ini akan kembali ke jenis komputer yang digunakan oleh end user, argumentasi yangs sering diberikan oleh orang-orang network computer adalah - PC seperti tidak ada built-in networking, sangat cepat obsolet, sukar di manage. Hal ini akhirnya mengacu pada syarat sebuah peralatan network computing yang:

• Biaya yang jauh di bawah PC.
• Di disain untuk networking environment..
• Dapat mengakses berbagai aplikasi.
• Mempunyai kemampuan untuk Internet / Intranet.
• Dapat menjalankan aplikasi Java.
• Powerful.
• Mudah untuk di instalasi.
• Mudah untuk di manage.
• Mempunyai banyak option.
.
Akhirnya timbul konsep network computer. Banyak orang yang membicarakan berbagai bentuk dari network computer - Sun mengajukan JavaStation; Oracle mengajukan Network Computer, HDS mengajukan @workStation. Mereka semua berusaha mengacu untuk bentuk intranet computing model yang baru akan tetapi tetap memberikan akses ke PC & legacy data. Berbagai network computer yang ada sebetulnya kemampuannya masih sangat terbatas pada kemampuan browsing internet.

Network computer harus dapat di sambungkan ke dalam jaringan yang ada sekarang ini dan berjalan bersama PC. Network computer seharusnya dapat menjalan program aplikasi PC, Mainframe dan UNIX di samping tambahan yang baru seperti Java dan Internet. Semuanya akhirnya konvergen pada persyaratan network computing yang ada di atas.

Sesuai dengan istilah yang digunakan yaitu network computer, sebuah asumsi harus digunakan tentang bandwidth dari jaringan komputer yang tersedia untuk network computer tersebut. Bandwidth akan menjadi isu kunci untuk full-scale network computing. Apakah sebuah file / program akan diproses di system / server tempat dia berada, atau dijalankan di remote terminal (sebuah NC) yang digunakan oleh pengguna? Rancang bangun program yang digunakan akan berbeda untuk dua pendekatan tersebut - yang menjadi pembatas adalah ketersediaan bandwidth yang ada.Jika cukup banyak bandwidth tersedia, limiting factor yang ada adalah kecepatan NC tersebut. Tetapi jika bandwidth yang digunakan hanyalah data melalui sebuah kabel telepon, maka bandwidth akan menjadi pembatas utama dari aplikasi menggunakan NC.

Dengan asumsi bandwidth yang besar pada perusahaan / Intranet, maka aplikasi yang akan banyak berguna bagi NC adalah misalnya:

• Terminal pada sebuah jaringan perusahaan farmasi / apotik untuk melayani banyak pelanggan.
• Terminal pada teler di berbagai bank untuk melayani pelanggan.
• Terminal untuk bagian pelayanan customer di perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
• Terminal di sebuah trade floor di bursa effek.
• Terminal di kamar-kamar hotel / rumah di real estate yang tersambung ke LAN dengan kecepatan tinggi untuk video on demand.

Ada banyak perusahaan yang saat ini menawarkan produk network computer ini, beberapa diantaranya adalah:

HDS
Sun
Oracle

Tentunya masih banyak aplikasi yang dapat dikembangkan secara murah menggunakan teknologi network computer ini. Salah satu teknologi yang akan menjadi saingan berat dari network computer ini adalah Network PC yang di canangkan oleh Intel & Microsoft. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan sedikit alternatif tentang salah satu teknologi yang mulai berkembang secara pesat belakangan ini di Internet
Share this:

Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Poskan Komentar

Sobat Bisa berkomentar dan mencantumkan link Sobat,Blog ini Dofollow Blog Community

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More